Pengenalan Dasar Simpul.....

Macam - macam Simpul
yang Digunakan di Caving



Oleh : Arif Eka R



1. Figure-of-Eight


ini sangat fleksibel simpul paling sering digunakan untuk melampirkan ke tali jangkar poin. Kebanyakan hal-hal yang dapat dilakukan dengan pemelihara knots (misalnya double loop knot untuk Y-belay) juga dapat dilakukan sesuai dengan kombinasi angka dari eights. Jika Anda hanya belajar satu simpul, membuatnya satu ini.

Kekuatan: 55% (normal), 40% (abnormal)


2.Figure-of-Nine


simpul yang dapat digunakan sebagai alternatif dari figure-of-Eight. Sangat mirip dengan Figure-of-delapan dengan hanya sebuah tambahan berbelok sebelum menyelesaikan simpul. It is a little bulkier dari angka-of-delapan besar tapi memiliki kekuatan.

Kekuatan: 70% (normal), 55% (abnormal)


3. Bowline



ini dapat digunakan untuk mengikat pada tali di sekitar belay tetapi yang paling sering digunakan untuk Tying/mengikat akhir baris tali keselamatan orang sekitar ketika mereka membuat belaying atau naik tangga. Simpul ini memiliki kecenderungan untuk melepaskan dan dapat datang dibatalkan sehingga adalah ide yang baik untuk digunakan setengah halangan untuk mengamankan 'ekor' dari simpul ke lingkaran.

Kekuatan: 50% (normal)


4. Yosemith Bowline



Ini adalah varian dari dasar bowline yang mendapat sekitar masalah dari simpul loosening sendiri dengan akhir tali threading dan kembali melalui simpul. Ini adalah alternatif untuk menggunakan rapi setengah-halangan untuk mengamankan akhir tali dan simpul yang dihasilkan memiliki kekuatan yang sama dengan Figure-of-eigth.


5. Alpine Butterfly



simpul yang baik untuk rebelays atau Tying/mengikat suatu titik poin dari tali. Keuntungan yang utama adalah bahwa dua strands dari tali yang muncul dari simpul berada di 180 derajat satu sama lain daripada muncul dalam arah yang sama seperti dalam zigure-of-delapan misalnya. Cara ini bagus pertengahan-simpul tali dan baik untuk rebelays karena memiliki kekuatan yang lebih besar dari figur-of-eight jika rebelay gagal.


6.Double Figure-of-eight on the bight


Ini double loop knot ini paling sering digunakan untuk laberang Y-belays. Sifat dari simpul berarti bahwa cukup mudah untuk menyesuaikan loops oleh tali bergerak dari salah satu loops ke yang lain.


7. Bowline on the bight




Ini adalah satu lagi double loop knot cocok untuk Rigging Y-belays. Memiliki keuntungan yang agak sedikit lebih besar dari Figur-of-Eigth sedikit di teluk.


8.Italian/Munter Hitch


Yang sangat baik diri reversing gesekan simpul cocok untuk belaying orang atau naik bila menggunakan tangga. Juga dapat digunakan untuk memberikan Bar dan halus naik dari piring stitcht (IMHO). Ini adalah salah satu nilai pembelajaran bagi semua orang kesempatan bila Anda lupa Stitcht Plate atau descender.


9. Clove Hitch (simpul pangkal)



simpul sederhana ini sangat berguna ketika anda memerlukan cepat belay sekitar obyek atau meskipun sebuah krab. Dapat digunakan untuk tambatan karena sifatnya yang anti sloping/tidak gampang loss.


10. Double Fisherman's




standar untuk Tying/mengikat dua simpul tali bersama. Jika digunakan di tengah sebuah pitch, satu lingkaran simpul seperti Figure-of-Eight harus terikat menjadi salah satu 'ekor' dari simpul untuk keamanan selama simpul lulus. Dua knot yang menenangkan ganda nelayan tidak boleh mirror gambar dari satu sama lain (yaitu mereka yang sama harus memiliki 'hati') jika mereka tidak akan susunan benar.

11.Constrictor Knot



Simpul baru dan berguna untuk cavers maupun climbers adalah awal abad ini . Di beri
nama "constrictor simpul'. Hal ini secara sangat besar tahan terhadap gesekan, serta dapat digunakan untuk Clamp/penahan suatu object.


12.Farmers hitch



Simpul ini adalah sangat baik untuk Tying/mengikat di tengah sebuah pendakian tali, untuk rebelays, karena banyaknya dari berbagai jenis - anyplace satu lingkaran yang mengarah kedua cara . Metode untuk meletakkan dalam kesederhanaan itu sendiri adalah: Mengambil tiga berubah dari tali sepanjang tangan Anda, maka:

1. Memindahkan pusat bagian (b) bagian kanan atas.
2. Memindahkan pusat bagian baru (c) bagian kiri atas.
3. Memindahkan pusat bagian baru (a) bagian kanan atas.
4. Tarik bagian tengah baru (b) sampai dengan bentuk lingkaran
5. Untuk sebagian besar hasil memuaskan, tangan menghapus sebelum hadiah atau memuat simpul.

13.Tape/Water Knot




Simpul utama ini digunakan untuk Tying/mengikat webing menjadi slings untuk caving atau panjat tebing. Ujung webbing muncul dari simpul harus diamankan ke webbing menggunakan setengah lingkaran hitches atau insulating tape. Simpul ini terikat sehingga beban bearing tape muncul dari sisi berlawanan dari simpul sehingga secara alami akan kencang bila terbebani .

14.Larks-foot ( Simpul Jangkar)




Sering digunakan untuk mendapatkan tape/webbing lebih aman di sekitar stalagmit atau kolom. Simpul adalah hanya satu lingkaran di sekitar objek tape, tetapi akan mengurangi kesempatan slipping off the tape/webbing.


15. Prusik knot




simpul prusik ditampilkan di sebelah kiri, dan Kleimheist simpul prusik di sebelah kanan. Baik ini, beserta lainnya prusik knot, dapat digunakan untuk membuat tali prusik. Tali yang digunakan untuk-prusik loop harus yang seimbang panjangnya, sedikit lebih pendek daripada tali untuk dinaiki.

Sumber :
1. http://www-sop.inria.fr/agos/sis/Techniques/knots.html#fig8
2.Sherry Mayo / ANU / scmayo@rschp2.anu.edu.au

Pemikiran tentang :

1 Tanggapan Teman ?:

  1. arum jeram/asray mengatakan...:

    thx yah
    oya gw pinjem url lo buat sumber2 gw
    di blog gw juga ya itung2 sharing aja

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
I'll Becoming a good Profesional Worker,Student, and adventurer

Timeliness....

The Calender

Search Your Think.....

Memuat...

Yahoo News: Top Stories

Forecast Weather

Crude Oil Prices

Rupiah Exchange Rates ( IDR )

Translate Our Language....

Arsip Blog

Rush hour Blog

Fight To our Earth....Go green

Brighter Planet's 350 Challenge
NonCommercial,Nonprofit. Diberdayakan oleh Blogger.