Pengenalan dasar Sesar dan Rekahan


Sesar dan Rekahan

Oleh : Aris Dwi Prihantono


Patahan atau sesar (atau istilah geologynya "fault") adalah satu bentuk rekahan pada lapisan batuan bumi yg memungkinkan satu blok batuan bergerak relatif terhadap blok yg lainnya. pergerakannya bisa relatif turun, relatif naik, ataupun bergerak relatif mendatar terhadap blok yg lainnya. ergerakan yg tiba- tiba dr suatu patahan atau sesar bisa mengakibatkan gempa bumi.

Sesar atau fault terbagi menjadi beberapa type yaitu :

1. patahan/sesar turun (atau disebut jg patahan/sesar normal) adalah satu bentuk rekahan pada lapisan bumi yg memungkinkan satu blok batuan bergerak relatif turun terhadap blok lainnya.



pictures source: USGS


2.patahan/sesar naik (istilah geologynya adalah "reverse fault")? teori dasarnya sama saja dengan patahan/sesar turun, tapi untuk sesar naik ini bagian hanging wallnya relatif bergerak naik terhadap bagian foot wall.salah satu ciri sesar naik adalah sudut kemiringan dr sesar itu termasuk kecil, berbeda dgn sesar turun yg punya sudut kemiringan bisa mendekati vertical (gambar di samping hanya sebagai penyederhanaan saja).kelihatan lapisan batuan yg berwarna lebih merah pada hanging wall berada pada posisi yg lebih atas (lebih shallow) drpada lapisan batuan yg sama pada foot wall. ini menandakan lapisan yg ada di hanging wall sudah bergerak relatif naik terhadap foot wallnya.




pictures source: USGS



3. Patahan/sesar mendatar? patahan/sesar ini bisa dibagi dua yaitu: sesar mendatar mengiri (satu blok bergerak relatif ke kiri terhadap blok yg lainnya) dan sesar mendatar menganan (satu blok bergerak relatif ke kanan terhadap blok yg lainnya). gambar di samping mungkin bisa lebih menjelaskan. sama saja dgn sesar turun ataupun sesar naik: ada gaya/energi yg menggerakkan dua blok tersebut, hanya saja pada sesar mendatar ini gaya/energi-nya ada pada arah horizontal. lapisan batuan yg berwarna lebih merah pada blok sebelah kiri berada pada posisi yg relatif sama dgn lapisan batuan pada blok sebelah kanan, hanya saja blok sebelah kiri ini sudah bergerak relatif mendatar terhadap blok yg sebelah kanan. pada gambar di bawah ditandai dgn bergeraknya pagar di permukaan dua blok tersebut.





pictures source: USGS

Patahan, baik yang terjadi di bawah permukaan maupun di bawah bumi yang cukup dalam, mempunyai banyak manfaat.

pictures source: USGS


- terjadinya jebakan atau daerah tempat terakumulasinya minyak bumi. Akibat tertutup patahan, minyak bumi tidak bisa mengalir ke tempat dengan tekanan lebih rendah. Jebakan bisa ditemukan lewat eksplorasi dengan cara seismik. Salah satu daerah yang terkenal dengan jebakan seperti ini adalah daerah Kutai, Kalimantan.

- eksploitasi pertambangan menjadi mudah karena adanya patahan. Bila di suatu daerah terdapat tambang batu bara dan di salah satu sisi terjadi patahan, pola lapisan batu bara akan semakin terlihat. Tambang batu bara seperti ini ada di Australia.

- bidang pertanian, terutama di pegunungan kapur selatan. Misalnya, di Kecamatan Besuki, Campurdarat, atau Pakel dan sekitarnya di Tulungagung terlihat hamparan sawah atau ladang luas yang dibatasi bukit kapur. Hamparan sawah itu dahulu merupakan pegunungan kapur. Akibat patahan, bagian atas dari blok yang turun mengalami proses sedimentasi sehingga permukaan tanah bisa dijadikan sawah. Hal serupa terjadi di perladangan di Malang selatan.




REKAHAN / KEKAR (JOINT)


Picture source : www.nvcc.edu

Rekahan adalah batuan yang pecah yang kemudian merekah tanpa bergeser secara vertical atau tanpa berpindah tempat

Proses terbentuknya kekar :

- Pada saat pengendapan (batuan sediment) atau pada saat pembekuan/ pendinginan (batuan beku) ®Non Tectonic Joint

- Setelah pengendapan (batuan sediment) atau setelah pembekuan (batuan beku) ®Tectonic Joint

Proses keduanya dipengaruhi oleh factor dari luar seperti pelapukan (weathering) maupun gaya-gaya yang menyebabkan terjadi perubahan /deformation.

Cirri-ciri kekar dilapangan :

Kekar Gerus (Shear joint/ Compressional joint)

- Mempunyai pola sejajar dan arah jelas

- Bidang kekar rata dan lurus

- Rekahan tertutup

Kekar Tarikan / tegangan (Tension Joint)

- Tidak mempunyai pola dan arah yang jelas

- Bidang kekar tidak rata

- Rekahan terbuka


Sumber :

1. Pengenalan geology dasar, Fakultas Teknology Kebumian dan Energy, Universitas Trisakti.

2. WWW. USGS.com


Pemikiran tentang :

0 Tanggapan Teman ?:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
I'll Becoming a good Profesional Worker,Student, and adventurer

Timeliness....

The Calender

Search Your Think.....

Memuat...

Yahoo News: Top Stories

Forecast Weather

Crude Oil Prices

Rupiah Exchange Rates ( IDR )

Translate Our Language....

Arsip Blog

Rush hour Blog

Fight To our Earth....Go green

Brighter Planet's 350 Challenge
NonCommercial,Nonprofit. Diberdayakan oleh Blogger.