Gempa Selatan San Andreas Fault.....

Pada Tremors Selatan San Andreas Fault Mei Mean Peningkatan Resiko Gempa


Naik di mysterious underground tremors diamati aktif di beberapa kesalahan zona gempa di seluruh dunia dapat sinyal yang baik-baik dari stres terkunci di segmen dari kesalahan dan kiranya meningkatkan kemungkinan dari gempa utama, menurut baru University of California, Berkeley, belajar. Seismologist Robert M. Nadeau dan Aurélie Guilhem siswa lulus dari UC Berkeley ini menarik kesimpulan dari studi tremors bersama yang sangat instrumented segmen dari San Andreas Fault dekat Parkfield, California penelitian yang dilaporkan di 10 Juli isu Sains.


Mereka menemukan bahwa setelah 6,5-besarnya San Simeon gempa di tahun 2003 dan 6,0-besarnya Parkfield gempa pada tahun 2004, underground stres meningkat di akhir segmen yang terkunci San Andreas Fault dekat Cholame, California, pada saat yang sama sebagai tremors menjadi lebih sering. Tremors yang ada terus sampai hari ini signifikan pada tingkat lebih tinggi dari harga sebelum dua quakes.

Para peneliti menyimpulkan bahwa peningkatan tingkat tremors mungkin menunjukkan bahwa stres adalah accumulating lebih cepat daripada di masa lalu di segmen ini di San Andreas Fault, yang beresiko melanggar seperti itu dalam 1857 besar untuk menghasilkan 7,8 besarnya Fort Tejon gempa. Kuat quakes juga hanya terjadi di sepanjang barat laut dari segmen Parkfield San Andreas setiap sekitar 20 sampai 30 tahun. 'Kami telah menunjukkan bahwa gempa bumi dapat merangsang tremors samping terkunci zona, tetapi kami tidak Belum ada bukti bahwa ini memberitahu kita sesuatu tentang masa depan quakes, 'Nadeau katanya.

Tetapi jika gempa bumi memicu tremors, tekanan yang merangsang tremors juga dapat merangsang gempa bumi. Meskipun gempa bumi adalah peristiwa yang berasal singkat, biasanya, tidak lebih dari 15 kilometer (10 batu) di bawah tanah di California, tremors adalah terus-menerus, rendah tingkat keroncongan mungkin dari 15 hingga 30 km (10-20 batu) di bawah permukaan. Mereka umum di dekat gunung berapi sebagai akibat cairan gerakan bawah tanah, namun yang mengejutkan ketika pada tahun 2002 ditemukan pada zona subduksi di Jepang, sebuah wilayah dimana bagian dari lautan lantai adalah geser di bawah benua. Tremors yang kemudian terdeteksi pada zona subduksi Cascadia di Washington, Oregon dan British Columbia, di mana beberapa lempeng Samudera Pasifik menyelam di bawah plat benua Amerika Utara. Pada tahun 2005, diidentifikasi Nadeau misterius' kebisingan 'terdeteksi oleh Parkfield borehole seismometers sebagai getaran aktivitas, dan memiliki fokus pada mereka sejak itu. Berbeda dengan Jepang dan situs Cascadia getaran, namun merupakan daerah Parkfield mogok / slip kesalahan, di mana lempengan Pasifik bergerak horizontal melawan Amerika Utara piring.

'The Parkfield tremors adalah versi yang lebih kecil dan Cascadia Jepang tremors, 'Nadeau katanya. 'Paling terakhir antara tiga dan 21 menit, sedangkan beberapa Cascadia tremors berjalan selama berhari-hari. Karena di hampir semua kasus yang berasal dari tremors The Edge of terkunci zona - sebuah segmen merupakan suatu kesalahan yang belum pindah tahun dan pada risiko tinggi besar gempa - seismologists ada pemikiran bahwa kenaikan aktivitas Mei memperingatkan mereka dari stres baik-baik saja sebelum gempa bumi.

Baru lapor memperkuat bahwa asosiasi, Nadeau katanya. Untuk baru belajar, Nadeau dan Guilhem menunjukkan lokasi hampir 2.200 tremors direkam antara 2001 dan 2009 oleh borehole berpancangan seismometers di San Andreas Fault sebagai bagian dari UC Berkeley's High-Resolusi Seismic Network.

Selama ini masa, dua gempa bumi terjadi di dekatnya: satu di San Simeon, 60 kilometer dari Parkfield, pada Dec 22, 2003, dan satu lagi di Parkfield di San Andreas Fault pada Sept 28, 2004. San Simeon sebelum gempa, getaran aktivitas rendah di bawah Parkfield dan Cholame segmen dari San Andreas Fault, tetapi dua kali lipat dan frekuensi itu adalah enam kali lebih sering setelah gempa Parkfield. Sebagian besar aktivitas yang terjadi di sepanjang 25 kilometer (16 mil) dari segmen San Andreas Fault selatan dari Parkfield, sekitar kota Cholame. Kurang dari 10 persen dari tremors terjadi pada jarak yang sama di atas Parkfield, dekat raja Peak. Sementara Cholame adalah di sebelah utara yang panjang akhir-terkunci dan berbahaya segmen dari San Andreas Fault, Raja tidak Peak.

Namun, Nadeau dicatat, raja Peak merupakan wilayah yang relatif kompleksitas di San Andreas Fault dan juga di ruptured 1857 di Fort Tejon gempa 7,8. Getaran kegiatan yang masih tinggi sekitar dua kali lipat hari ini sebagai sebelum San Simeon gempa, sementara berkala puncak kegiatan yang mulai muncul untuk mengulang tentang setiap 50 hari dan kini mengulangi sekitar 100-110 setiap hari. 'Apa yang mengejutkan adalah bahwa belum ada kegiatan turun ke tingkat yang lama,' Nadeau katanya. Adalah kegiatan yang terus mencemaskan karena sejarah besar quakes sepanjang segmen ini kesalahan, dan panjang lalu Fort Tejon gempa yang ruptured selatan dari raja Peak sepanjang 350 kilometer (220 mil) dari San Andreas Fault. J kebingungan yang sudah pre-tremors terdeteksi beberapa hari sebelum gempa Parkfield, yang membuat Nadeau hopeful melihat tremors serupa sebelumnya quakes mendatang.

Dia mencatat bahwa sumber tremors masih sedikit dari misteri. Beberapa ilmuwan berpikir cairan bergerak underground menghasilkan tremors, seperti gerakan magma dari bawah tanah, air dan gas penyebab volcanic tremors. Nadeau leans lebih ke arah teori alternatif, yang non-volcanic tremors dihasilkan di dalam wilayah panas lunak rock, seperti Silly Putty, bahwa, kecuali beberapa keras seperti batu tertanam rempeyek, biasanya mengalir tanpa menghasilkan gempa bumi. The fracturing dari getis inclusions, namun dapat menghasilkan banyak swarms kecil quakes yang menggabungkan menjadi kusam bergemuruh.

'Jika tremors yang terdiri dari banyak sedikit gempa bumi, masing-masing harus memiliki dasar dan menengah seperti gelombang besar quakes, 'tetapi mereka akan tumpang tindih dan menghasilkan bergemuruh, kata Guilhem. Stimulation of the tremors oleh pencukuran (cemerlang) daripada stres oleh compressional (dan penutup) stres lebih konsisten dengan deformasi kesalahan dalam zona dengan cairan gerakan bawah tanah, Nadeau katanya. Para peneliti 'pemetaan dari underground tremors juga menunjukkan bahwa tremors tidak dibatasi dengan pesawat dari kesalahan, menyatakan bahwa kesalahan menyebar karena mereka menyelam ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam. Apapun mereka, tremors' tidak relieving banyak stres atau membuat kesalahan yang kurang berbahaya, mereka hanya menunjukkan perubahan dalam tekanan samping terkunci kesalahan, 'kata Nadeau. Seismologists diseluruh dunia sedang mencari tremors sepanjang kesalahan sistem lainnya, Guilhem dicatat, meskipun tremors keras untuk dapat mendeteksi karena suara dari lautan serta dari peradaban. Singkat getaran aktivitas telah diamati di beberapa kesalahan, yang dipicu oleh besar quakes jauh, dan ini mungkin untuk fokus pada daerah-daerah.

Tremors itu dipicu pada Northern California's Calaveras Alaska's Fault oleh Denali gempa 2002, Nadeau katanya. Pekerjaan yang didukung oleh US Geological Survey dan National Science Foundation. Diambil dari bahan-bahan yang diberikan oleh University of California - Berkeley.

Sumber :
ScienceDaily (July 13, 2009)

Pemikiran tentang :

0 Tanggapan Teman ?:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
I'll Becoming a good Profesional Worker,Student, and adventurer

Timeliness....

The Calender

Search Your Think.....

Memuat...

Yahoo News: Top Stories

Forecast Weather

Crude Oil Prices

Rupiah Exchange Rates ( IDR )

Translate Our Language....

Arsip Blog

Rush hour Blog

Fight To our Earth....Go green

Brighter Planet's 350 Challenge
NonCommercial,Nonprofit. Diberdayakan oleh Blogger.