Pulau dijual

Banyak Pulau Luar Nias Dikuasai Orang Asing
Republika, 14 Desember 2009
Medan - Pulau-pulau terluar yang terdapat di Nias, Sumatra Utara (Sumut), banyak "dikuasai" orang asing akibat minimnya pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

"Beberapa pulau terluar di Kepulauan Nias diduga sudah dikuasai oleh orang asing untuk kepentingan pariwisata karena daya tarik keindahan pantai dan potensi gelombang laut untuk berselancar, " kata penanggung jawab anjungan Kabupaten Nias, Julius Nduru, di Pekan Raya Sumut di Medan, Sabtu malam.

Menurutnya, pulau-pulau tersebut rata-rata tak terurus oleh pemerintah setempat sehingga memungkinkan warga negara asing datang ke sana, padahal pulau tersebut memiliki potensi dan daya tarik keindahan luar biasa.

Pulau Nias dikenal sebagai salah satu kawasan untuk olahraga berselancar yang sering dijajal oleh atlet-atlet kelas dunia dan menjadi surga olahraga itu. "Jadi, tidak usah heran kalau wisatawan asing datang beramai-ramai mengunjungi pulau tersebut untuk menghabiskan waktunya berselancar dan berliburan," katanya.

Selain itu, jumlah aparat keamanan tidak sebanding dengan banyaknya pulau-pulau terluar di Nias sehingga minimnya pengawasan terhadap pulau tersebut. Pulau-pulau terluar di Nias memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang luar biasa untuk dikembangkan.

"Wajar jika kemudian ada orang asing dengan mudah bisa membeli pulau-pulau tersebut karena kurangnya pengawasan. Mereka kemudian bisa membangun vila, resor, atau semacamnya," katanya. (ant, ed:sbt)

Pemikiran tentang :

0 Tanggapan Teman ?:

Poskan Komentar

About Me

Foto saya
I'll Becoming a good Profesional Worker,Student, and adventurer

Timeliness....

The Calender

Search Your Think.....

Memuat...

Yahoo News: Top Stories

Forecast Weather

Crude Oil Prices

Rupiah Exchange Rates ( IDR )

Translate Our Language....

Rush hour Blog

Fight To our Earth....Go green

Brighter Planet's 350 Challenge
NonCommercial,Nonprofit. Diberdayakan oleh Blogger.