Enhanced Oil Recovery, Chemical Flooding Method, Polymer


 INJEKSI POLIMER DENGAN PENGARUH JENIS POLIMER,KONSENTRASI DAN SALINITAS BRINE PADA RECOVERY FACTOR MINYAK 
(Laboratorium Study)

Arif Eka Rahmanto1); Rachmat Sudibjo 2); Sugiatmo kasmungin 2),
1) Magister Teknik Perminyakan Universitas Trisakti, 2) Pengajar Magister Teknik Perminyakan,

ABSTRAK
Dengan permintaan energy semakin meningkat terutama energy fosill fuel ( oil & gas), maka sangat penting untuk meningkatkan recovery factor dan gas terutama pada fase tertiary ( EOR) . Injeksi polimer  merupakan salah satu dari bagian chemical flooding injection( EOR) dapat  meningkatkan nilai recovery factor ,  polimer  yang digunakan  adalah sintetsis ( add cross) dan biopolymer ( XC-P), Uji yang dilakukan adalah uji larutan ( rheology) dan juga uji fisik batuan dari hasil uji tersebut baru dapat dilakukan core flooding metode untuk mengetahui nilai Rf. Hasil yang didapat dari core flooding  penambahan polimer yang paling baik adalah larutan G4 dengan core sintetis T2, dengan niali Rf dari hasil injeksi polimer 0.26 (26 %), mobility ratio 0.25853, XC-P ( G4) memiliiki kestabilan terhadap kenaikan salinitas terutama pada salinitas 15.000 ppm. Untuk core properties T2 memiliki porositas 44%, Ka brine 2.196624 mD, Ka. Polimer 0.926591 mD
Kata Kunci : EOR, Polimer Synthetic, Biopolimer, uji rheology, recovery factor

I. PENDAHULUAN
Penggunaan polimer  sintetis (add cross) dan biopolimer (XC-P) untuk peningkatan Rf minyak sangat tergantung dari rheology larutan yang mengacu pada kondisi resevoar , sedangkan untuk skala laboratorium tergantung dari pemilihan core sampel yang digunakan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan dibidang chemical flooding  khususnya dibidang polimer.

2. STUDI PUSTAKA
Pada penelitian  Abrahamsen, 2012, mengambil data dari lapangan norne C – segment (statoil) memiliki nilai Rf  2.2  %  dari hasil injeksi polimer dengan metode ASP ( alkali, surfactan, polimer) dengan alkali (0.1 wt%), surfactant (0.5 wt %), polimer (0.05 wt%). Untuk itu pada penelitian saat ini hanya digunakan 1 jenis metode saja yaitu polimer core flooding dengan 2 jenis polimer pada variasi konsentrasi dan salinitas brine, untuk suhu yang digunakan adalah 60°C, serta dilakukan dlam skala laboratorium. Secara garis besar terdapat 2 (dua)  uji parameter yaitu 1. Uji rheology larutan dan 2. Uji sifat fisik batuan.

3. METODOLOGI
Metodologi yang digunakan adalah core flooding, adapun tahapan umum yang dilakukan dalam penelitian ini adalah :
1. Uji fisik batuan :
a) Porositas 
b) Permeabilitas

2. Uji  efek karakteristik (rheology) larutan
a. Shear rate:
b. Permeability Reduction (Rk)
c. Resistance Factor
d. Salinity effect :
e. Polimer Slug

3. Persiapan :
a) Pembuatan core sampel sintetis dan alami;
b) Larutan polimer yang telah lulus uji;
c) Persiapan peralatan core flooding;

4. Core flooding :
a) Core saturasi, dengan menggunakan brine;
b) Injeksi oil, oil saturation;
c) Injeksi brine;
d) Injeksi polimer;

5. Evaluasi core flooding:
a) Pengolahan data dan perhitungan
b) pembahasan



4. DAFTAR PUSTAKA :

1. Abrahamsen, Anders. 2012. Applying Chemical EOR on the Norne Field C-Segment. Thesis,Norwegian University of Science and Technology. June 2012, pp. 1-186.
2. API RP 63. 1990. Recommended Practices for Evaluation of Polymers Used In Enhanced Oil Recovery Operation. June 1, 1990, pp. 1-86.
3. Gonten, Von, McCain and Wu, Ching H. 1992. Petroleum Engineering 311Reservoir Petrophysics. Course Notes,TEXAS A&M UNIVERSITY, pp. 1-224.
4. Hakim, Adnan Nullah and Dharmawan, Irwan Ary. 2012. Model Aliran Polimer Pada Media Berpori . Lokakarya Komputasi dalam Sains dan Teknologi Nuklir. Oktober 10, pp. 1 -13.
5. Taber, J.J., et al. 1997. EOR Screening Criteria Revisited-Part 2:Applications and Impact of Oil Prices. SPWDOE Improved Oil Recovely Symposium held in Tulsa, Oklahoma,. June 6, 1997, pp. 1-7.
6. winarta, Jeffier, et al. May 2012. Salinity Balance With Non-Polar Brine. Jakarta : Proceedings, Indonesian Petroleoum Association, 36 th Annual convention & exhibition ( IPA 12-SE-058), May 2012.

Link Paper :

https://www.academia.edu/34664900/Injeksi_Polimer_Dengan_Pengaruh_Jenis_Polimer_Konsentrasi_dan_Salinitas_Brine_Pada_Recovery_Factor_Minyak

http://trijurnal.lemlit.trisakti.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/2130/1818

Link Research (Thesis) :

https://www.academia.edu/34939110/KAJIAN_LABORATORIUM_PENGARUH_JENIS_DAN_KONSENTRASI_INJEKSI_POLIMER_DAN_SALINITAS_AIR_TERHADAP_FAKTOR_PEROLEHAN_MINYAK.pdf

Semoga bermanfaat dan mohon masukannya sebagai bahan pembelajaran dan memperbaiki diri. Serta mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam penelitian ini, kesempurnaan hanyalah milik Tuhan YME.

Salam Sukses, Sehat dan Bahagia selalu



Pemikiran tentang :

0 Tanggapan Teman ?:

Posting Komentar

Timeliness....

Search on blog

Translate

Forecast Weather

Rupiah Exchange Rates ( IDR )

Rush hour Blog

Fight To our Earth....Go green

Brighter Planet's 350 Challenge
NonCommercial,Nonprofit. Diberdayakan oleh Blogger.